Zhangjiajie, Gambaran Film Avatar di Dunia Nyata

Persiapkan fisik dan mental untuk menjelajahi lansekap alam yang megah, indah, menenangkan, sekaligus mendebarkan!

Kalau bukan pecinta alam ‘beneran’, kayaknya bakal jarang ya, wisatawan yang mau mengunjungi sebuah taman nasional dan menghabiskan waktu hingga berhari-hari. Tapi, ini memang benar terjadi jika kita mengunjungi kawasan Zhangjiajie di Provinsi Hunan, China. Sebabnya, banyak sekali spot pemandangan alam yang keren dan aktivitas mendebarkan yang bisa kita jumpai di destinasi yang pernah masuk dalam ‘15 Tempat Terindah di Dunia’ ini. Bahkan keindahan dan keunikan lansekap Zhangjiajie ini menjadi inspirasi untuk menggambarkan Hallelujah Mountains dengan batu-batunya yang mengambang dalam film Avatar.

Zhangjiajie ini kawasan yang luas dengan berbagai destinasi wisata yang tersebar di banyak  tempat. Nah, agar tidak bingung, kita perlu memahami dulu bahwa di Zhangjiajie ini ada:

Pertama, kota Zhangjiajie, tempat di mana para wisatawan biasanya menginap.
Kedua, Zhangjiajie National Forest Park. Di dalamnya ada Tianzi Mountain, Yangjiajie, Huangshi Village, Bailong Elevator, Yuanjiajie (Avatar Hallelujah Mountains), dan Gold Whip Stream.
Ketiga, Zhangjiajie Grand Canyon, yang mempunyai Glass Bridge.
Keempat, Tianmen Mountain, di mana terdapat Tianmen Cave, Glass Walkway, dan jalan berkelok 99 Bends.
Meski dalam waktu tiga hari tidak akan bisa mengunjungi semuanya, namun spot destinasi berikut inilah yang paling wajib dikunjungi:

1. Taman Nasional Zhangjiajie
Salah satu keunikan Taman Nasional Zhangjiajie adalah adanya ribuan pilar batu gunung yang menjulang tinggi hingga lebih dari 300 meter di Yuanjiajie Mountains, yang lebih dikenal sebagai 'Avatar Hallelujah Mountains'. Di musim dingin, permukaan pilar-pilar batu itu berselimut salju, menciptakan pemandangan yang sangat memukau dan indah.

Agar lebih bisa merasakan nuansa kemegahan lansekap pegunungan ini, kita bisa ke salah satu puncaknya dengan naik Bailong Elevator. Lift kaca ini merupakan lift outdoor tertinggi di dunia, dengan ketinggian 326 meter. Ada tiga lift di sini, dan masing-masing bisa mengangkut 50 orang sekaligus.

Taman Nasional Zhangjiajie


2. Melayang di Jembatan Kaca Zhangjiajie
Merupakan jembatan kaca tertinggi (300 meter) dan terpanjang (430 meter) di dunia. Jembatan yang mulai dibuka bulan Agustus 2016 ini menggantung di antara dua pegunungan, dengan lembah dan jurang membentang di bawahnya. Pengalaman berjalan di atas lantai kaca di ketinggian ini sangat mendebarkan dan menciptakan sensasi yang tak terlupakan. Saat kita melangkah di atas kaca yang transparan, kita akan merasa seperti tengah melayang di atas jurang.

Jembatan Kaca Zhangjiajie


3. Masuk Lubang Gunung Tianmen
Gunung ini sangat terkenal karena bagian puncaknya punya lubang besar yang terbentuk secara alami oleh erosi batuan, dan kerap disebut Gerbang Surga.

Untuk menuju Gunung Tianmen, pengunjung dapat naik kereta gantung dari kota Zhangjiajie hingga ke puncak gunung. Lalu, dilanjutkan dengan menikmati pemandangan kawasan pegunungan ini dari jalan kaca setapak di pinggir dinding gunung, hingga sampai ke Gerbang Surga ini. Pengunjung kemudian bisa turun melalui anak tangga super panjang yang disebut ‘Stairs to Heaven’ hingga ke pelataran Kuil Tianmen. Pulangnya, dengan naik bus, wisatawan akan melalui 99 Bends, sebuah jalan berliku dengan 99 tikungan tajam yang menghadirkan pemandangan yang memukau. Bisa juga sebaliknya, berangkat naik bus hingga ke puncak, lalu pulang naik kereta gantung. Tapi risikonya ya harus menapaki ribuan anak tangga yang menanjak agar bisa sampai ke Gerbang Surga.

The Heaven's Gate, Tianmen Shan


4. Menjelajahi Gua Naga Kuning
Dengan panjang mencapai 7,5 kilometer dan tinggi guanya mencapai 140 meter, Huanglong Cave ini menjadi salah satu gua batuan kapur terbesar di China dan masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO. Pengunjung dapat menjelajahi gua ini melalui jalur setapak yang terang dan berpengaturan cahaya dramatis. Banyak formasi bebatuan gua yang menyerupai benda-benda nyata, termasuk patung-patung yang terbentuk secara alami. Gua ini juga memiliki sungai bawah tanah yang mengalir melalui gua, sehingga menambah keunikan tempat ini.

Yellow Dragon Cavern
 

5. Menyusuri Danau Baofeng yang Berkabut
Di sela-sela pilar pegunungan Zhangjiajie, ada Danau Baofeng yang indah dan berkabut. Dengan dikelilingi oleh pepohonan hutan yang lebat, berlayar menyusuri danau ini dengan perahu tradisional China akan sangat mendamaikan hati. Terdapat pula sebuah air terjun yang mencurah dari salah satu puncak gunung batu, sehingga makin menambah pesona danau ini.

Baofeng Lake Boat
 

6. Hiking di Gold Whip Stream
Sungai Gold Whip (Jinbianxi) dikenal dengan airnya yang jernih yang mengalir di antara pilar-pilar batu tinggi dan pepohonan yang rimbun, menciptakan pemandangan yang sangat alami. Keunikan Sungai Gold Whip terletak jalur hiking yang mengikuti tepian sungai. Jalur ini menawarkan pengalaman yang menenangkan di tengah alam yang asri, dengan pemandangan panorama pegunungan yang megah dan gemericik suara air yang mengalir.

Golden whip stream


7. Mengunjungi Desa Minoritas Tianzi
Desa ini merupakan rumah Suku Tujia, salah satu suku minoritas di China yang masih mempertahankan tradisi dan kebudayaan mereka. Kita akan disambut oleh rumah-rumah kayu yang indah dan ornamen-ornamen khas Tujia. Salah satu pengalaman unik adalah menyaksikan tarian dan pertunjukan tradisional yang menggambarkan cerita-cerita legendaris suku ini. Kita juga dapat mempelajari seni kerajinan tangan tradisional seperti membuat patung bambu dan kain tradisional Tujia. Selain itu, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi masakan khas Tujia yang lezat dan autentik.

Tujia village


Oh ya, jika berkunjung ke Zhangjiajie saat musim dingin -Desember hingga Februari- kita bisa menjumpai salju di sini. Salju yang menutupi pilar-pilar batu dan pepohonan akan menambah pesona alam Zhangjiajie yang megah dan menciptakan naunsa musim dingin yang memukau. Rata-rata suhu udara selama musim dingin di Zhangjiajie antara 0 hingga 10 oC, jadi persiapkan pakaian yang sesuai agar tetap nyaman menikmati pengalaman musim dingin di destinasi ini.

Copyrights © 2022 Obaja Tour. All Rights Reserved