Tradisi Buka Puasa di Dunia

Hai, Holiday Lovers! 

Sudah seminggu lebih menjalani hari di suci Ramadhan, bagi kamu yang menjalankan, ibadah puasanya masih lancar, kan? Sambil nungguin waktu buka puasa, ngabuburit bareng Obaja Tour dengan baca artikel menarik satu ini, yuk. Kali ini kita mau bahas kebiasaan unik berbuka puasa dari berbagai negara di dunia. Penasaran? Langsung aja kita simak bersama!

1. Mesir - Meriam Penanda Buka Puasa   

Berbeda dengan di Indonesia yang menandai waktu buka puasa dengan suara bedug, warga Mesir memiliki kebiasaan unik untuk menembakkan empat meriam kuno dari benteng Salahuddin Al Ayyubi yang menggetarkan kota Kairo sebagai tanda waktunya iftar (berbuka puasa). Setelah itu, seluruh masjid akan mengumandangkan Adzan Maghrib secara serempak.


kredit foto: https://www.thenational.ae

 

2. Jepang - Panitia Khusus Ramadhan

Meskipun mayoritas penduduk Jepang beragama Shinto, namun ada lumayan banyak umat muslim yang tinggal di negara matahari terbit ini. Biasanya saat bulan Ramadhan tiba, panitia yang dibentuk oleh Japan Islamic Center di Jepang akan membagi info seputar Ramadhan, membuat dialog keagamaan, dan mengadakan acara buka puasa bersama dengan menu favorit, kue Dorayaki.


kredit foto: http://percetakanpetraya.com

 

3. Inggris - Lampion Penanda Restoran Timur Tengah     

Saat bulan Ramadhan tiba, berbagai restoran atau kafe khas Timur Tengah yang tersebar di Inggris dihiasi dengan berbagai lampion khas. Restoran dan kafe tersebut biasanya akan buka hingga larut malam agar warga muslim dapat membeli persediaan makanan untuk berbuka puasa setelah melaksanakan shalat tarawih atau untuk santapan sahur.

 

4. Amerika Serikat - Potluck Mempererat Silaturahmi             

Tradisi potluck dimana setiap orang membawa satu jenis makanan dan minuman untuk dinikmati bersama dalam suasana kekeluargaan menjadi salah satu kebiasaan umat muslim di Amerika Serikat saat bulan Ramadhan tiba. Seringkali, potluck diadakan di Islamic Center menjelang waktu berbuka puasa dan tak jarang umat berbagi makanan yang mereka miliki dengan orang sekitar, baik yang muslim maupun non-muslim.     


kredit foto: https://www.conflictkitchen.org


5. Arab Saudi - Tenda Ramadhan dan Tradisi Siqaya

Tenda-tenda besar didirikan khusus di bulan Ramadhan sebagai tempat untuk berbuka puasa bagi penduduk Arab Saudi dan wisatawan. Lokasi di sekitar tenda dijadikan sebagai tempat berkumpul sebelum berbuka sampai matahari tenggelam. Mereka juga memiliki tradisi untuk menawarkan minuman kepada tamu dan peziarah yang berkunjung ke Masjidil Haram, Mekkah dan masjid Nabawi di Madinah, selama bulan Ramadhan. Minuman yang disediakan mulai dari air zam-zam, air dingin, kopi, dan jus. Tradisi ini dikenal dengan sebutan Siqaya.      

kredit foto: http://islam.ru


Nah, itu tadi berbagai tradisi berbuka puasa di berbagai penjuru dunia. Kalau Holiday Lovers gimana? Punya tradisi sendiri untuk berbuka puasa? Share di komen, yuk. 

Copyrights © 2018 Obaja Tour. All Rights Reserved