Tips Berbelanja Kain Sutera Turki

Holiday Lovers mau cari oleh-oleh khas Turki yang unik untuk dihadiahkan ke orang terkasih di Tanah Air? Kain sutera asli dari kota Bursa bisa jadi salah satu pilihannya. Berawal dari abad 16, kota Bursa yang menjadi kota pusat penghasil sutera kebanggaan kerajaan Ottoman ini sudah memproduksi beragam tenunan berkualitas tinggi yang diminati di berbagai negara Eropa, Afrika Utara, dan Asia, loh! Kalau Holiday Lovers tertarik untuk membeli kain sutera asli Turki, ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan:

1.Sutra otentik Bursa atau bukan?
Banyak pedagang di pasar tekstil Bursa menjual berbagai jenis sutera dari seluruh dunia seperti China, Vietnam, India, dan negara Asia lainnya. Jadi, kalau Holiday Lovers ingin membeli kain sutera asli Bursa, jangan ragu untuk bertanya kepada penjaga toko yang ada, ya.     

2.Sutera murni atau campuran?
Kain yang terbuat seluruhnya dari benang sutera (gerçek ipek) memang memiliki harga yang tinggi. Untuk menghasilkan produk yang lebih terjangkau dengan model yang variatif, biasanya para pengrajin mensiasatinya dengan mencampurkan bahan kain wool, kasmir, katun, polyester, dan berbagai jenis kain lainnya.

3.Budget berbelanja
Ukuran, bahan, dan desain kain menentukan harga. Mulai dari sapu tangan sutera paling murah berkisar di harga 5 Turkish Lira (IDR 12,700) hingga sebuah permadani dari sutera murni dengan harga di atas 4000 Turkish Lira (IDR 10,109,000) tersedia di berbagai kios pedagang tekstil di kota Bursa. Maka dari itu, ada baiknya untuk menentukan budget berbelanja terlebih dahulu dan menentukan jenis olahan kain seperti apa yang akan dibeli. Untuk ukuran selendang sutera dengan kualitas baik biasanya berkisar di harga 100 - 200 Turkish Lira (IDR 252,000 - 505,000).

4.Lokasi berbelanja
Salah satu pusat pertokoan kain sutera terbaik di kota Bursa terdapat di Koza Han. Pasar sutera bersejarah ini sudah berdiri sejak tahun 1491 dan selalu dipadati pengunjung yang datang untuk membeli berbagai jenis kain sutera dengan kualitas tinggi. Selain pertokoan, dalam Koza Han juga memiliki banyak kafe modern, restoran, dan bar yang disediakan bagi para pengunjung untuk bersitirahat sekaligus mencicipi kuliner Turki.

Copyrights © 2018 Obaja Tour. All Rights Reserved